tv online

Minggu, 12 Juni 2011

Lee Soo Man, “Dalam 5 tahun, kami akan memastikan menjadi no. 1 di Asia”

Pada 10 Juni, peusahaan yang didirikan oleh Lee Soo Man tahun 1989 lalu. SM Entertainment, akan memiliki sebuah performance yang besar di Paris, Perancis. Melalui sebuah wawancara telpon, dia berbicara mengenai betapa percaya dirinya yang dia rasakan mengenai peluasan ke dalam Eropa dan selebihnya.

Saat dia kembali di Paris, Lee Soo Man dijadwalkan untuk bertemu dengan 70 komposer2 yang berbeda dan produser2 di sebuah konferensi. Komposer2 dan produser2 adalah bagaian dari jaringan SM, yang diciptakan dalam rangka untuk memasuki pasar dunia.

Di Paris, mereka cenderung mendiskusikan secara detail pengamanan pasar Korea. Mereka juga akan mendiskusikan bagaimana membuat music Korea lebih relatable untuk orang Eropa dan Amerika. Dia percaya kalau jaringan ini memainkan sebuah peranan penting dalam menarik kaum muda Perancis dan ini membuatnya merasa yakin kalau music mereka akan terus membuat sebuah pengaruh besar. Lee Soo Man juga mengungkapkan kalau SM Entertainment memiliki hubungan dengan lebih dari 300 komposer2 di seluruh dunia.

Saat ditanya apakah lagu2 yang dikomposeri oleh komposer2 luar negri benar2 bisa dipertimbangkan menjadi lagu2 Korea, Lee Soo Man mengatakan kalau ini adalah tak berarti dalam memikirkan tentang itu. Dia membandingkan music ke makanan dimana semuanya berubah berdasarkan pada preferensi pribadi. Siapapun yang membuat atau yang makan makanan mungkin mengubah sedikit bahan2nya dan membuat garam atau membuatnya lebih pedas. Untuk menarik rasa dari pendnegar Eropa, music Korea akan secara umum sedikit merubah juga untuk mencocokkan selera mereka. Ini tidak selalu make it any less Korean dan dia percaya lebih baik menghidupkan tanpa terlalu kuat mengenai pemikiran2 dan label2.

(Si bapak bisa aja kasih perumpamaan ^^ tapi boleh juga, membandingkan music seperti makanan, bahan2nya sama tapi jadi menarik karena dikasih bumbu tambahan.. ^^

Dia melanjutkan dengan mengatakan kalau dia ingin lebih dikenal dalam pasar Amerika dan dengan kuar percaya kalau dia harus bekerja keras membuat SM Entertainment yang terbaik di China. Dia mengatakan, “Kami saat ini sukses di Jepang dan membuat pergerakan di Amerika dan Eropa, tapi tujuan primary adalah membuat Hollywood di China milik kami. Dalam 5 tahun, kami akan memastikan menjadi no. 1 di Asia.”

Saat ditanya apakah ia akan menggelar performance di negara2 Eropa lainnya, Lee Soo Man mengatakan kalau mereka juga memiliki banyak fans di Inggris, Jerman, Spanyol, dan Swedia. Setelah acara di Paris, dia cenderung mengambil inisiatif di negara2 itu juga.

‘SM Town Live’ di Paris akan menam DBSK, SNSD, Super Junior, SHINee, dan f(x).

Source & Photo: Chosun

Credit: allkpop

1 komentar: